Femini.id – 1. Aturan 5 Menit (5 Minute Rule)
Bagian tersulit dari mengerjakan tugas itu saat memulainya. Jadi cobalah ini:
– Buat timer selama 5 menit
– Mulai mengerjakan tugas tersebut
– Setelah 5 menit boleh berhenti jika mau
Kemungkinan besar kamu akan terus lanjut mengerjakan tugas tersebut.
2. Jangan Hanya Belajar Saja
Daripada seperti ini:
Belajar > belajar > belajar > belajar
Ubahlah menjadi:
Belajar > terapkan > belajar > terapkan
Percuma belajar terus kalau tidak ada yang bisa diterapkan di kehidupanmu.
3. Berhenti Menunggu Motivasi
Motivasi itu tidak akan selalu ada, jadi tidak bisa terus diandalkan untuk bisa memulai. Pada kenyataannya kamu perlu memulai dulu dengan tindakan kecil, baru muncul motivasi untuk terus melanjutkan tugasnya.
4. Aturan 2 Menit (The 2 Minute Rule)
Jika kamu punya pekerjaan kecil yang hanya perlu waktu kurang dari 2 menit untuk menyelesaikannya; lakukan sekarang. Jangan biarkan pekerjaan ringan seperti itu jadi menumpuk dan menjadi beban baru.
5. Lakukan Tugas Tersulit Dulu
Cari tau tugas terpenting dan tersulitmu, lalu lakukan itu di awal harimu. Hilangkan beban terberatmu selagi masih berenergi, agar sepanjang harinya ringan.
6. Menghilangkan Distraksi Digital
Bukan hanya distraksi secara fisik saja, tapi secara digital juga perlu kamu hilangkan. Misalnya: (airplane mode)
– Nyalakan mode pesawat
– Matikan notifikasi device kamu
– Tutup tabs browser yang tidak penting
7. Ciptakan Ruang Kerja Khusus
Pastikan kamu memiliki 1 tempat khusus kerja untuk terbiasa produktif dan bekerja. Coba buat ruangan tersebut senyaman mungkin dan juga rapihkan ruangan kamu untuk menghilangkan distraksi.